Selasa, 02 Desember 2014

NEWS & EVENT


Kuliah Tamu: BAHAN MPANEL SEBAGAI MATERIAL BAHAN BANGUNAN PENGGANTI BATU BATA/BATA RINGAN

1-MPANEL
Untuk memberikan wawasan yang lebih luas tentang teknologi di bidang teknik sipil serta temuan bahan pengganti material bangunan, Jurusan Teknik Sipil Universitas Brawijaya mengadakan kuliah tamu dengan tema “BAHAN MPANEL SEBAGAI MATERIAL BAHAN BANGUNAN PENGGANTI BATU BATA/BATA RINGAN” pada hari kamis tanggal 22 Mei 2014 lalu. Bertempat di ruang sidang jurusan, sejumlah mahasiswa begitu antusias untuk mengikuti kuliah tamu yang nantinya diharapkan bisa menambah pengetahuan tersebut. “Dengan adanya kuliah tamu ini, diharapkan bisa menambah wawasan mahasiswa dan juga memacu mereka untuk mengadakan penelitian lebih lanjut tentang material yang baru. Terutama bagi mahasiswa yang saat ini sedang mengerjakan skripsi”, demikian yang disampaikan Ir. Siti Nurlina, MT selaku sekretaris Jurusan saat memberikan sambutan.
Dengan dimoderatori oleh Eko Andi Suryo, ST., MT., Ph.D dalam kuliah tamu kali ini telah hadir pemateri dari PT Modern Panel Indonesia, Bapak Irham Djojo yang mengenalkan teknologi bahan bangunan terkini, M PANEL. Material ini digunakan untuk mengganti material bangunan konvensional seperti bata, beton, batu, dsb.  M PANEL adalah inovasi bangunan pengganti batu bata yang terintegrasi untuk segala jenis struktur bangunan. M PANEL terdiri dari lapisan EPS (Expanded Polystyrene) yang diperkuat dengan jaring kawat baja galvanis pada setiap sisinya yang membuat menjadi kokoh. “Yang membedakan pembangunan menggunakan bahan mpanel dengan pembangunan secara konvensional adalah pemasangan elektrikal yang dilakukan bersamaan dengan pemasangan EPS. Pembangunan ini juga mengurangi pemakaian bekisting. Suhu ruangan yang dihasilkan akan tetap terjaga, dimana panas dari luar tidak mudah masuk ke dalam ruangan. Bahan yang digunakan relatif ringan, tahan terdapat lentur, dan juga cepat pemasangannya” Demikian penjelasan dari Bapak Irham Djojo.
2-MPANEL
Pada kesempatan ini mahasiswa yang hadir juga bisa melihat secara langsung material yang dibawa oleh pihak pemateri. Mereka cukup terkesan dengan material yang lebih mirip dengan Styrofoam ini. Namun, Bapak Irham Djojo menegaskan bahwa bahan polystyrene yang digunakan M PANEL ini berbeda dengan Styrofoam pada umumnya yang sangat mudah terbakar. Bahan ini bersifat Fire Retardant sehingga tidak akan tersulut api saat dibakar.
Dalam sesi tanya-jawab, peserta mahasiswa yang penasaran dengan teknologi M PANEL ini mengutarakan berbagai pertanyaan. Tidak hanya itu, dosen dari Jurusan Teknik Sipil juga antusias untuk mengetahui lebih dalam tentang teknologi ini. Ini menunjukkan bahwa kuliah tamu semacam ini tidak hanya sekedar program dari Jurusan untuk meningkatkan kualitas mahasiswa, tetapi juga tempat untuk berbagi  dan menerima pengetahuan untuk civitas akademik Jurusan Teknik Sipil.

Pameran IBT Jakarta








4 komentar:

  1. Mau nnya klu buat layer atep bisa apa gk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mas, mas nya pakai atap tipe apa? kalo mas nya punya gambar detailnya bisa Email kesini : ptmodernpanelindonesia@gmail.com

      Hapus
  2. mau tanya klw untuk lt2 atau dak bisa ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh bisa mbak, Kalo Dak Lantai menggunakan Tipe Panel : PSSG

      Hapus